News

STIE Enam Enam Perkuat Budaya Mutu Publikasi Ilmiah

Sejak tahun lalu, Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Enam Enam, Kendari sudah mempersiapkan untuk menerbitkan jurnal. Untuk edisi tahun ini sudah terbit dua kali sebagaimana target penerbitan jurnal. Untuk itu, dengan akreditasi jurnal akan menjadi bagian dalam memperkuat kekuatan kelembagaan perguruan tinggi.

Bagian dalam membangun budaya mutu itu, STIE Enam Enam, Kendari, mengikutkan editor jurnal dalam Workshop Persiapan Akreditasi Jurnal Ilmiah yang dilaksanakan di STIKOM Bali (19/9). Dalam kesempatan tersebut, 80 pengelola jurnal diundang Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi. Direktorat Pengelolaan Kekayaan Intelektual KEMENRISTEK-DIKTI RI menyampaikan bahwa pelaksanaan workshop untuk mendorong para pengelola jurnal untuk bisa mengajukan akreditasi jurnal.

Saat ini STIE Enam Enam menerbitkan dua jurnal. Sementara itu, untuk tahun depan akan diterbitkan jurnal baru untuk mewadahi konsorsium keilmuan manajemen. Tahun ini merupakan momentum untuk transformasi jurnal dari cetak ke eletronik. Sehingga tidak ada lagi jurnal yang terbit dengan cetak saja, tetapi versi eletronik sebagai penerbitan utama.

Dr. Abdul Rasak, M.Si., Wakil Ketua STIE Enam Enam menegaskan bahwa dalam pengembangan STIE Enam Enam, penerbitan jurnal merupakan bagian dari komitmen membentuk ekosistem keilmuan. “Jurnal menjadi bagian yang perlu diupayakan secara berkelanjutan” tutur Abdul Rasak yang menyelesaikan pendidikan doktor di Universitas Halu Oleo.

STIE Enam Enam senantiasa berupaya membangun eksosistem keilmuan termasuk didalamnya penerbitan jurnal. Melalui jurnal, karya-karya dosen dapat terbaca secara luas di dunia akademik. Ini menjadi langkah-langkah dalam mempernalkan kepakaran dosen-dosen STIE Enam Enam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *