EventNews

STIE Enam Enam Kendari “selenggarakan” Workshop Penyusunan RPS

Sabtu, 3 Oktober 2020 – STIE Enam Enam Kendari menyelenggarakan Workshop Penyusunan dan Penyeragaman RPS dalam rangka peningkatan kompetensi dosen. Melalui Zoom workshop ini merupakan kegiatan lanjutan setelah sebelumnya pada hari Jumat STIE Enam Enam Kendari juga telah menyelenggarakan Webinar tentang Pembelajaran Jarak Jauh. Prof. Dr. ANSAR, S.E., M.Si. salah satu Guru Besar di STIE Amkop Makassar menjadi Narasumber Workshop tersebut.

Dalam materinya beliau menyampaikan betapa pentingnya Rencana Pembelajaran Semester (RPS) bagi seorang dosen karena pembelajaran yang baik adalah jika mahasiswa dapat mengikuti proses pembelajaran /perkuliahan dengan memiliki kemampuan untuk mengembangkan diri secara terstruktur, terarah, bebas terkontrol dalam berinteraksi sehingga mencapai hasil pembelajaran yg diharapkan. Oleh karena itu, agar terstruktur dan terarah seorang dosen perlu mempersiapkan rencana pembelajarannya dengan matang sebelum menghadapi mahasiswa. Di samping itu, yang menjadi penekanan Prof. Ansar yaitu bahwa RPS seyogyanya dibuat langsung oleh dosen yang bersangkutan, bukan kaprodi ataupun yang lainnya karena di dalam RPS terdapat Capaian Pembelajaran Mata Kuliah yang sudah seharusnya ditentukan oleh dosen yang bersangkutan dan merupakan hak otonomi dosen.

Adapun respons peserta dosen khususnya dosen STIE Enam Enam Kendari sangat positif karena RPS dari masa ke masa itu mengalami revisi dan transformasi sehingga merupakan hal yang wajib bagi para dosen untuk meng”update” pengetahuan dan keterampilan dalan dalam menyusun ataupun merevisi RPSnya masing-masing.

Ismail Suardi Wekke, Ph.D. selaku Ketua Lembaga Penjaminan Mutu STIE Enam Enam Kendari yang bertindak sebagai Host/Moderator adalah inisiator kegiatan workshop ini. Menurut beliau, STIE Enam Enam Kendari akan melakukan workshop secara intensif sebagai persiapan pelaksanaan pembelajaran semester yang akan dilaksanakan pada bulan ini. Diharapkan melalui workshop ini, para dosen memiliki bekal peningkatan kompetensi dan keterampilan yang bisa langsung segera diimplementasikan di semester ini dan seterusnya.

Atas dukungan Pihak Yayasan dan Institusi, STIE Enam Enam akan menggelar workshop lanjutan dengan topik Publikasi Ilmiah dan Media Pembelajaran dengan narasumber-narasumber yang berkompetensi di bidangnya.

Untuk informasi kegiatan lebih lanjut akan disampaikan melalui laman resmi STIE Enam Enam Kendari. www.stie-66.ac.id

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *