EventNews

Seminar Internasional, STIE-66 Kendari Hadirkan Pembicara Mancanegara

KENDARI, www.stie-66.ac.id Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) 66 Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), menggelar Seminar Internasional bertajuk ‘On Social and Behaviour Service’ atau layanan sosial dan prilaku bertempat di Kampus Kampus SITE 66 Kendari, Senin.

STIE 66 Kendari menghadirkan salah seorang pembicara mancanegara selaku keynote spakers yakni Dr Shamsuri dari Universiti Teknikal Melaka, Malaysia.

Pembicara berikutnya adalah Prof Dr Zulkifli Musthan dari Institute Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari dan Dr Abdul Razak dari Stie 66 Kendari.

Pemrakarsa kegiatan, Dr Ismail Suardi Wekke, mengatakan kegiatan yang diikuti para peneliti univeritas di Sultra itu itu juga didukung oleh Universitas Sulawesi Tenggara (SUltra) dan IAIN Kendari.

“Kita ingin di awal semester ini, paling tidak ketiga perguruan tinggi ini saling berkolaborasi melakukan sesuatu untuk dosen-dosen dan juga mahasiswa menuju semester yang akan datang,” katanya.

Menurut dia, ada tiga hal yang point dari pembicaraan di seminar tersebut yakni pertama bahwa untuk riset dan publikasi karya tulis atau karya ilmiah harus melalui desain tersistematis atau tidak bisa tiba-tiba saja.

“Yang kedua adalah kita perlu membangun sinergi dan kolaborasi dengan berbagai institusi, tidak hanya perubahan tinggi tetapi juga industri pemerintah dan masyarakat yang kita sebut dengan triple Helix,” katanya.

Point ketiga kata dia, yakni bagaimana bisa memasarkan ide-ide lalu kemudian melakukan sosialisasi di masyarakat, yang akan terlihat pada loyalitas, dan kepuasan pelanggan terhadap produk atau hasil karya. 

Akademisi dari Universiti Teknikal Melaka, dr Shamsuri, dalam kesempatan itu menyampaikan kita-kiat membuat riset atau karya ilmiah meskipun tanpa harus ada dana dari pemerintah, tetapi karya tersebut akan menjadi stimulan mendapat pembiayaan penelitian selanjutnya saat diajukan ke pemerintah.

Sementara itu, Prof Zulkifli Musthan, dalam kesempatan itu memberikan kiat dalam membangun semagat kepada para dosen dan mahasiswa dalam membuat riset sampai bisa dipublikasi pada jurnal internasional.

Source: ANTARA SULTRA

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *