Uncategorized

KUMPULAN E-BOOK PEMBELAJARAN

Posted on
E-BOOK STATISTIK
Introduction To Data Science (2017) /
Pengantar Keilmuan Data (2017)
DOWNLOAD
Statistics And Analysis Of Scientific Data (2017) /
Statistik Dan Analisis Data Ilmiah (2017)
DOWNLOAD
E-BOOK MANAGEMEN BISNIS DIGITAL
Electronic Commerce (2015) /
Perdagangan Elektronik (2015)
DOWNLOAD
Electronic Commerce (2018) /
Perdagangan Elektronik (2018)
DOWNLOAD
Digital Business Models (2019) /
Model Bisis Digital (2019)
DOWNLOAD
News

Pengumuman “PENTING”: STIE Enam Enam instruksikan “perkuliahan online” terkait pencegahan COVID-19

Posted on

Assalamualaikum wr. wb.

Disampaikan kepada sivitas akademika STIE Enam-Enam, agar kegiatan akademik berupa kuliah, praktikum, seminar serta kegiatan Kemahasiswaan dibatalkan dan diganti dengan perkuliahan online hingga 2 minggu ke depan, Sedangkan layanan akademik tetap berlangsung seperti biasa, namun menghindari kontak fisik secara langsung dan menghindari kerumunan/kumpul-kumpul.


* Jika dosen atau staff yg mengalami gejala flu dan demam agar beristirahat.
* Jika ada gejala demikian harap berkonsultasi dan melaporkan kepada pimpinan.

Sambil menunggu Surat Edaran Resmi dari Ketua STIE Enam Enam, tanggal 16 Maret 2020

Wassalam.
KETUA YAYASAN

News

Dua Dosen STIE Enam Enam Kendari “Jadi” Pemateri Utama dalam Pelatihan 10.000 UMKM

Posted on

Kendari, 13 November 2019 – PT. Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk menggelar pelatihan 10 ribu pelaku Usaha Menengah Kecil Mikro (UMKM). Mereka dilatih mulai dari pendidikan administrasi dan manajemen keuangan, entrepreneurship, akses perbankan hingga pelatihan e-commerce. Acara bertajuk Program Pelatihan 10.000 UMKM itu digelar di seluruh Indonesia dan Kantor Wilayah BRI Kendari mendapat kesempatan menggelar pelatihan di Swiss-BelHotel dengan jumlah peserta 100 orang. Program ini diikuti oleh pelaku UMKM, termasuk para UMKM cluster unggulan daerah.

Dua dosen STIE Enam Enam Kendari Dr. Arifuddin Mas’ud, SE., M.Si., Ak, CA, ACPA dan H. Abdul Hakim, SE., MS. didaulat menjadi pembicara utama selaku Akademisi dan Praktisi dalam kegiatan tersebut. Dr. Arifuddin Mas’ud membawakan materi Administrasi Keuangan dan Manajemen Keuangan, beliau memaparkan pentingnya pencatatan dan pengelolaan keuangan bagi UMKM karena merupakan tolak ukur kemajuan jalannya suatu usaha.

Adapun H. Abdul Hakim, memberikan penguatan tentang kiat menjadi wirausahawan yang sukses dengan memaksimalkan aspek produksi, strategi pemasaran dan business plan. Selain hadir sebagai pemateri, Abdul Hakim juga hadir sebagai ketua Forum UKM IKM Sultra yang mengakomodir dan memfasilitasi para pelaku usaha dalam mengembangkan usahanya.

Pelatihan ini diselenggarakan Bank BRI untuk meningkatkan kapabilitas UMKM untuk go modern, go digital, go online dan go global. Para pelaku UMKM yang hadir akan mendapatkan pelatihan terkait administrasi dan manajemen keuangan, pelatihan terkait e-commerce, akses informasi terhadap permodalan, hingga info pasar. Pelatihan tersebut juga mendatangkan dari Tokopedia.

Event

Dialog Akademik STIE Enam Enam Kendari

Posted on

Assalamu Alaikum. Wr. Wb. Salam Sejahtera.
Disampaikan kpd Bpk/Ibu Badan Penyelenggara dan Badan Pengelola Pendidikan (Pihak Yapdik 66 dan Unsur Pimpinan dan Dosen Tetap STIE Enam Enam Kendari) untuk hadir dalam Dialog Akademik yang Inshaa Allah akan dilaksanakan pada:
Hari/Tgl: Sabtu, 5 Oktober 2019
Jam: 10.00 sampai Selesai
Tempat: Aula STIE Enam Enam Kendari
Demikian penyampaian ini, semoga kehadiran Bpk/Ibu tepat waktu menjadi bentuk Komitmen dalam memajukan lembaga kita.

Hormat kami

Event

STIE Enam Enam Kendari “gelar” Pengenalan Akademik & Pendidikan Karakter bagi Mahasiswa Baru

Posted on

www.stie-66.ac.id – Penerimaan mahasiswa baru telah memasuki babak baru. Setelah melalui tahap seleksi yang cukup ketat, akhirnya terjaring sekitar 611 mahasiswa baru S1 program studi manajemen dan akuntansi. Para maba (mahasiswa baru) diwajibkan mengikuti proses pengenalan kampus. Panitia mencoba menyisipkan pendidikan karakter di dalamnya. Oleh karena itu, proses pengenalan kampus ini mengambil tema “Pengenalan Akademik & Pendidikan Karakter”

Pembukaan kegiatan pengenalan kampus ini dihadiri oleh ketua Yayasan Pembina Pendidikan Enam Enam Bumi Kendari, Ibu Irma Nurjannah, ST., MT., Pengelola STIE Enam Enam Kendari baik dosen maupun tenaga kependidikan. Wakil ketua STIE Enam Enam Kendari, Bapak Dr. Abdul Razak, SE.,MS. membuka kegitan ini dengan resmi. Di dalam pidato sambutannya beliau turut mengapresiasi para mitra yang telah memberikan support agar kegiatan ini dapat diselenggarakan. Beberapa di antaranya yaitu: Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Sulawesi Tenggara, Kantor Otoritas Jasa Keuangan Provinsi Sulawesi Tenggara, Kantor Badan Narkotika Nasional serta Yonif 725 Woroagi.

Kegiatan Pengenalan Akademik & Pendidikan Karakter ini dilaksanakan selama 4 hari berturut-turut. Dimulai dengan pengenalan akademik yang digelar di Auditorium kampus STIE Enam Enam Kendari selama 2 hari, dengan materi pengenalan kampus dan sosialisasi sistem informasi manajemen perkuliahan. Kegiatan ini berlangsung cukup kondusif dan penuh dengan keakraban. Baik itu antar mahasiswa, maupun para dosen.

Selanjutnya sesi pendidikan karakter dilaksanakan di Mako Yonif 725 Woroagi, para mahasiswa baru nampak sangat bersemangat dalam mengikuti kegiatan ini, karena menurut mereka kegiatan ini merupakan hal yang baru dan belum pernah mereka ikuti sebelumnya. Bapak Abdul Razak selaku ketua panitia mengungkapkan bahwa generasi milenial saat ini perlu dibekali dengan pendidikan karakter agar terbentuk karakter yang memberikan dampak positif terhadap perkembangan emosional, spiritualitas, dan kepribadian seseorang. Oleh sebab itu, pendidikan karakter atau pendidikan moral itu merupakan bagian penting dalam membangun jati diri sebuah bangsa.

Event

Kemenkeu Paparkan Ekonomi Terkini di STIE Enam Enam Kendari

Posted on

Kendari, 28 Agustus 2019 – Melanjutkan rangkaian kegiatan diseminasi kebijakan fiskal bekerja sama dengan para Ekonom dari berbagai Perguruan Tinggi di Indonesia di tahun 2019, Kemenkeu kembali menggelar Kuliah Umum, bertempat di Sekolah Tinggi Ilmu EKonomi Enam Enam Kendari, dengan mengambil tema “Perkembangan Ekonomi Terkini dan Kebijakan Fiskal Indonesia”

Kuliah Umum ini dihadiri oleh 70 orang mahasiswa dan staf pengajar dari STIE Enam Enam Kendari, Universitas Halu Oleo, Universitas Sulawesi Tenggara, dan IAIN Kendari. Acara dibuka oleh Ketua Dewan Penyantun STIE Enam Enam Kendari, Bapak Sudarmanto, SE, MS. Narasumber yang dihadirkan adalah Achmad Budi Setyawan, Kepala Subbidang Proyeksi Asumsi Dasar Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan, dengan dipandu oleh moderator Bapak Dr. Muh. Nur, SE, M.Si, sekretaris Program Studi Magister Manajemen STIE Enam Enam Kendari.

Achmad menyampaikan bahwa ketidakpastian perekonomian global saat ini semakin tinggi ditandai oleh proyeksi pertumbuhan ekonomi dunia yang semakin rendah. IMF menurunkan proyeksi pertumbuhan ekonomi dunia tahun 2019 dari 3,5 persen menadi 3,3 persen. Namun di sisi lain, kebijakan The Fed mempertahankan suku bunga menyebabkan aliran modal masuk ke negara berkembang, termasuk Indonesia. Perkiraan perekonomian global di tahun 2020 membaik dibanding 2019, namun masih diiringi ketidakpastian yang tinggi.

Kinerja perekonomian domestik cukup baik. Dengan perkembangan ekonomi terjaga sehat maka kesejahteraan masyarakat terus membaik. Pertumbuhan ekonomi Indonesia sebesar 5,05 persen di Q2 2019. Dari sisi inflasi, inflasi hingga Juli 2019 terkendali mencapai 0,31 persen (mtm) atau 2,36 persen (ytd) atau 3,32 perasen (yoy), yang didorong peningkatan harga aneka cabai dan biaya sekolah, namun tertahan oleh deflasi tarif transportasi dan beberapa bahan makanan seiring normalisasi permintaan pasca Lebaran. Rupiah cukup stabil dengan kecenderungan menguat dipengaruhi oleh kondusifnya global serta stabilitas perekonomian dalam negeri, per 26 Agustus 2019 nilai tukar Rupiah (JISDOR)  sebesar Rp14.261/US$ atau menguat 1,6 persen (ytd). Pada tahun 2019 ini, target Gini Ratio 2019 sebesar 0,38 – 0,39 dengan tantangan disparitas akses permodalan dan kondisi geografis. Target angka kemiskinan 2019 sebesar 8,5 persen – 9,5 persen dengan tantangan akses pangan, kesehatan, dan pendidikan bagi orang miskin. Target pengangguran 2019 sebesar 4,8 persen – 5,2 persen dan IPM sebesar 71,98 persen, dengan tantangan perubahan ekonomi (struktur lapangan kerja), skill mismatch, dan 4th Industrial Revolution (automasi, artifical intelligence).

 Dari sisi APBN, realisasi APBN tahun 2019 menunjukkan kinerja yang sangat sehat dan kredibel. Per 31 Juli 2019, defisit sebesar 1,14 persen PDB, lebih kecil dari target APBN tahun 2019 sebesar 1,84 persen PDB. Keseimbangan Primer menuju nol (negatif Rp183,7 triliun) jauh lebih baik dari rencana APBN tahun 2019 sebesar negatif Rp296,0 triliun. Realisasi pendapatan negara sebesar 48,6 persen, dan realisasi belanja negara mencapai 50,2 persen dari target APBN tahun 2019.

APBN tahun 2020 dirancang untuk mendukung akselerasi peningkatan daya saing dan kualitas sumber daya manusia. Pada tahun 2020, penerimaan perpajakan juga menjadi instrumen untuk mendukung investasi dan daya saing melalui pemberian insentif fiskal. Serta fokus belanja pemerintah pusat tahun 2020 untuk mendukung pelaksanaan prioritas pembangunan dan penyelenggaraan pemerintah yang efisien dan efektif. Defisit anggaran tahun 2020 dijaga 1,76 persen dari PDB, diarahkan semakin sehat dan adaptif menghadapi risiko perekonomian.

Pelaksanaan Kuliah Umum ini diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterlibatan generasi muda terhadap topik perekonomian dan pengelolaan keuangan negara, serta memahami permasalahan di bidang ekonomi dan fiskal yang dihadapi Provinsi Sulawesi Tenggara.

***

Narahubung Media: 

Riznaldi Akbar
Kepala Bidang Pengembangan Model dan Pengolahan Data Makro Badan Kebijakan Fiskal Kementerian Keuangan
021 3441463
rakbar@fiskal.kemenkeu.go.id
Event

Seminar Internasional, STIE-66 Kendari Hadirkan Pembicara Mancanegara

Posted on

KENDARI, www.stie-66.ac.id Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi (STIE) 66 Kendari, Sulawesi Tenggara (Sultra), menggelar Seminar Internasional bertajuk ‘On Social and Behaviour Service’ atau layanan sosial dan prilaku bertempat di Kampus Kampus SITE 66 Kendari, Senin.

STIE 66 Kendari menghadirkan salah seorang pembicara mancanegara selaku keynote spakers yakni Dr Shamsuri dari Universiti Teknikal Melaka, Malaysia.

Pembicara berikutnya adalah Prof Dr Zulkifli Musthan dari Institute Agama Islam Negeri (IAIN) Kendari dan Dr Abdul Razak dari Stie 66 Kendari.

Pemrakarsa kegiatan, Dr Ismail Suardi Wekke, mengatakan kegiatan yang diikuti para peneliti univeritas di Sultra itu itu juga didukung oleh Universitas Sulawesi Tenggara (SUltra) dan IAIN Kendari.

“Kita ingin di awal semester ini, paling tidak ketiga perguruan tinggi ini saling berkolaborasi melakukan sesuatu untuk dosen-dosen dan juga mahasiswa menuju semester yang akan datang,” katanya.

Menurut dia, ada tiga hal yang point dari pembicaraan di seminar tersebut yakni pertama bahwa untuk riset dan publikasi karya tulis atau karya ilmiah harus melalui desain tersistematis atau tidak bisa tiba-tiba saja.

“Yang kedua adalah kita perlu membangun sinergi dan kolaborasi dengan berbagai institusi, tidak hanya perubahan tinggi tetapi juga industri pemerintah dan masyarakat yang kita sebut dengan triple Helix,” katanya.

Point ketiga kata dia, yakni bagaimana bisa memasarkan ide-ide lalu kemudian melakukan sosialisasi di masyarakat, yang akan terlihat pada loyalitas, dan kepuasan pelanggan terhadap produk atau hasil karya. 

Akademisi dari Universiti Teknikal Melaka, dr Shamsuri, dalam kesempatan itu menyampaikan kita-kiat membuat riset atau karya ilmiah meskipun tanpa harus ada dana dari pemerintah, tetapi karya tersebut akan menjadi stimulan mendapat pembiayaan penelitian selanjutnya saat diajukan ke pemerintah.

Sementara itu, Prof Zulkifli Musthan, dalam kesempatan itu memberikan kiat dalam membangun semagat kepada para dosen dan mahasiswa dalam membuat riset sampai bisa dipublikasi pada jurnal internasional.

Source: ANTARA SULTRA