Skip to main content
Kerjasama-Balitbang-dan-42-Instansi

STIE ENAM ENAM KENDARI JALIN KERJASAMA DENGAN 42 ISTANSI

STIE ENAM ENAM KENDARI JALIN KERJASAMA DENGAN 42 ISTANSI

Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi Enam-Enam Kendari melakukan kerjasama  dengan 42 istansi. Terdiri dari istansi  swasta dan pemerintah daerah.  yang telah dituangkan dalam bentuk penandatangan Memorandum Of Understanding (MoU),  Jumat (20/2) di kampus STIE-Enam Enam Kendari.

Dalam penandatangan MoU tersebut dari  pemerintah daerah diwakili  Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang)  Daerah  Provinsi Sultra Drs  H Bahrun, MSi sementara  dari pihak  lembaga swasta  atau BUMN diwakili   PLN   Area Kendari,    Asisten Manajer PLN Area Kendari, Dr Kamaruddin    turut  hadir sebagai bentuk persetujuan terhadap kerjasama tersebut,  namun   belum   dilakukan dipenandatanganan alasan  format MoU  yang belum siap  karena masih ada koreksi dari Manajer Area.

Menurut Bakhtiar  Abbas SE, MSi Ketua STIE Enam Enam Kendari MoU tersebut sangat penting, karena akan menjadi sebuah kebutuhan  bagi STIE  Enam Enam saat akan melakukan akreditasi program studi.  Sehingga  melalui  MoU tersebut diharapkan mampu mewujudkan visi dan misi STIE Enam Enam Kendari  yang salah satunya adalah pencapaian enam  pilar yang  menjadi program unggulan STIE Enam Enam Kendari.

Pilar pertama adalah  pengembangan proses pembelajaran. Dalam proses pembelajaran  dosen  STIE Enam Enam tidak hanya  berasal dari akademisi murni tapi ada porsina 40 persen dari  praktisi,  yang  nantinya akan diisi oleh istansi swasta dan pemerintah yang telah melakukan kerjasama. Hanya 60 persen dari akademisi murni. Tujuannya  agar keluaran  atau lulusan STIE Enam Enam bisa memberi warna  tersendiri dibandingkan dengan alumni perguruan tinggi lainnya yang ada di daerah ini.

Pilar kedua,  menumbuhkan kembali budaya riset yang selama ini sudah mulai redup.  Pilar ketiga menghidupkan kembali  budaya kerja pengurus  STIE Enam Enam  yang mengedepankan etos kerja, semangat dan bekerja keras. Sehingga apa yang  telah menjadi program bisa diwujudkan.

Pilar keempat, meningkatkan kerjasama ditingkat lokal, regional dan nasional maupun internasional.  Pilar kelima  meningkatkan kerjasama dengan masyarakat dan industri, profesi dan pemerintah. Pilar keenam adalah memperkuat hubungan komunikasi  dengan para alumni, karena    dari para alumni   informasi terkait kebutuhan pasar  kerja   bisa diketahui.  Terobasan yang dilakukan adalah melakukan lokakarya atau memasukan mata kuliah yang berhubungan  langsung dengan  peluang kerja yang dibutuhkan oleh para stakeholder di daerah ini.

"Harapan kita alumni STIE-Enam Enam begitu selesai bisa langsung menangkap peluang kerja dengan kemampuan akademik yang telah dimilikinya," ujar Bakhtiar. Untuk menguji kualitas dosen pada STIE Enam Enam selain dilakukan perekrutan melalui proses seleksi oleh panitia,    dosen  juga akan  mendapat penilaian  dari mahasiswa yang diajarnya.

Terhadap unsur pimpinan perusahaan dan pemerintah yang  telah menjalin kerjasama dan memiliki kopetensi mendapat peluang untuk menjadi tenaga pengajar di STIE Enam Enam sesuai dengan bidang keahliannya. "Melaui kerjsama ini, trening terhadap rekrutmen tenaga keuangan biasanya sebelum bekerja ditrening dulu sampai dengan tiga bulan, melalui kerjasama ini kami akan mengadopsi kurikulum trening dari pihak  lembaga keuangan atau perbankan tersebut, sehingga alumni STIE Enam Enam siap pakai,   ketika mereka masuk melamar kerja di Bank tidak perlu melalui proses trening  lagi.  Karena materi trening yang dilakukan oleh pihak perbankan sudah diajarkan dalam salah satu mata kuliah yang ada di STIE Enam Enam," Tukas Bakhtiar.Untuk menguji kualitas dosen, STIE Enam Enam  menerapan sisten seleksi yang  dilakukan oleh panitia perekrutan dosen juga  akan  mendapat penilaian  dari mahasiswa yang diajarnya.

Add new comment

Plain text

  • No HTML tags allowed.
  • Lines and paragraphs break automatically.
  • Web page addresses and email addresses turn into links automatically.