Skip to main content
PROGRAM MAGANG KEWIRAUSAHAAN BAGI MAHASISWA

PROGRAM MAGANG KEWIRAUSAHAAN BAGI MAHASISWA

PROGRAM MAGANG KEWIRAUSAHAAN BAGI MAHASISWA - Pembekalan peserta program Magang PBBT STIE Enam Enam Tahun 2015 dilakukan selama 4 (empat) hari yakni pada tanggal 23-26 Juli 2015 bertempat di kampus STIE Enam Enam Kendari. Pembekalan menghadirkan pemateri/narasumber yang dianggap berkompeten dan menguasai permasalahan yang berkaitan dengan UKM yang menjadi mitra PBBT STIE Enam Enam Kendari. Narasumber terdiri dari dosen STIE Enam Enam Kendari, UKM mitra dan unsur perbankan  selain itu juga melibatkan beberapa pimpinan Mitra Usaha pemagaman.

Jumlah perserta yang terlibat dalam kegiatan ini sebanyak 15 (lima belas) orang yang terdiri dari 7 orang mahasiswa program studi manajemen dan 8 orang mahasiswa akuntansi. dengan jumlah UMKM  sebanyak 10 mitra diantaranya adalah CV .Nabila (Percetakan) , PT. MMBC  Tour & Travel, CV. Idalia, PT.  PZ Cussons (Distributor Bedak Baby), CV Putra Alamsyah, PT. Inti Sultra Perkasa dll.

Penempatan mahasiswa pada UKM Mitra Program PBBT sesuai dengan lowongan yang dilamarnya pada saat proses seleksi. Pelaksanaan program PBBT STIE Enam Enam Kendari tahun 2015 dimulai pada tanggaL 08 Agustus 2015 dan akan berakhir pada tanggal 08 Desember 2015. Setiap mahasiswa peserta PBBT dimonitor dan didampingi oleh mentor yang berkompeten di bidangnya.

Berdasarkan hasil survei Form UKM Selama kegiatan PBBT, menggambarkan bahwa kegiatan PBBT banyak memberi manfaat diantaranya adalah : (1).  Memperoleh tenaga kerja yang memiliki relevansi terhadap masalah – masalah yang mereka hadapi, (2).  Memperoleh ide dan konsep baru dari peserta PBBT dalam mengatasi berbagai permasalah yang dihadapi, (3). Terciptanya hubungan baik dengan STIE Enam Enam Kendari (4). Terbukanya kesempatan untuk melakukan kerjasama sebagai upaya mendekati sasaran pasar, dan mempromosikan citra perusahaan dan (5).Meningkatkan Pengembangan dan Pengelolaan usaha yang berdampak terhadap peningkatan pendapatan UKM.

Selain itu bagi mahasiswa yang mengikuti program PBBT telah banyak memperoleh manfaat selama mengikuti kegiatan PBBT. Hal ini dapat diukur   (1). pengalaman kerja yang mereka dapatkan, (2). Implementasi keilmuan dan teori mereka terhadap  masalah nyata yang dihadapi oleh UKM, (3). Memahami sikap atau prilaku kerja dalam bekerja dan berwirausaha, (4). memperlajari beberapa keterampilan teknis yang tidak didapatkan di bangku kuliah serta (5). meningkatkan keterampilan komunikasi dan keterampilan membangun relasi dan kerjasama.

Selanjutnya STIE Enam Enam  yang menjalankan program PBBT juga merasakan manfaat terutama pada : (1). Peningkatkan hubungan dengan UKM, tercipta suasan interaksi antara dosen pengelola dan mitra, (2). Kesempatan STIE Enam Enam mempromosikan sumber daya ke UKM, dan (3). Dampak timbal balik yang diperoleh dari STIE Enam Enam adalah perbaikan terhadap SAP Mata Kuliah Enterprenurship, Etika Bisnis dan Topik lainnya yang disarankan oleh UKM. <rzk>

Add new comment

Plain text

  • No HTML tags allowed.
  • Lines and paragraphs break automatically.
  • Web page addresses and email addresses turn into links automatically.