Skip to main content
BUDAYA-ORIENTASI-BAGI-MAHASISWA-BARU

BUDAYA ORIENTASI BAGI MAHASISWA BARU

BUDAYA ORIENTASI  BAGI  MAHASISWA BARU - Orientasi  Studi  dan  Pengenalan  Kampus  merupakan  pintu  gerbang  memasuki perguruan tinggi bagi setiap mahasiswa baru. Orientasi merupakan salah satu sarana untuk membentuk watak dan kepribadian bagi seorang mahasiswa baru.

Kegiatan Orientasi bagi mahasiswa baru bertujuan untuk:

  1. Mengenal    dan    memahami    lingkungan    kampus    sebagai    suatu lingkungan akademis serta memahami mekanisme yang berlaku di dalamnya.
  2. Menambah  wawasan  mahasiswa  baru  dalam  penggunaan  sarana akademik yang tersedia di kampus secara maksimal.
  3. Memberikan  pemahaman  awal  tentang  wacana  kebangsaan  serta pendidikan yang mencerdaskan berdasarkan pada nilai-nilai kemanusiaan.
  4. Mempersiapkan mahasiswa agar mampu belajar di Perguruan Tinggi serta mematuhi dan melaksanakan norma-norma yang berlaku di kampus, khususnya yang  terkait  dengan  Kode  Etik  dan  Tata  Tertib Mahasiswa.
  5. Menumbuhkan  rasa  persaudaraan  kemanusiaan  di  kalangan  sivitas akademika dalam rangka menciptakan lingkungan kampus yang nyaman, tertib, dan dinamis.
  6. Menumbuhkan   kesadaran   mahasiswa   baru   akan   tanggungjawab akademik dan sosialnya sebagaimana tertuang dalam Tridharma Perguruan Tinggi.

Rutinitas kegiatan tahunan pada kegiatan orientasi adalah :

Kegiatan orientasi mahasiswa baru sejak tahun 2013, lebih diarahkan kegiatan dalam ruangan, meliputi kegiatan

  1. Acara pembinaan mental: (a).   Ceramah   umum,   antara   lain   tentang  pemaparan  Visi Misi STIE Enam Enam dan Progarm Studi,  materi Kewarganegaraan,   Tridharma Perguruan Tinggi, loyalitas kepada almamater, dsb. (b). Acara kesenian, antara lain menyanyikan lagu-lagu mars da himne perguruan tinggi, tari-tarian dan (c).  Acara keagamaan, diisi dengan ceramah.
  2. Acara  jasmaniah,  diisi  dengan  olah  raga,  kerja  bakti,  pengabdian kepada masyarakat.
  3. Games dan Bina Akrab

Add new comment

Plain text

  • No HTML tags allowed.
  • Lines and paragraphs break automatically.
  • Web page addresses and email addresses turn into links automatically.