Skip to main content
test maba tahun 2016

280 ORANG CALON MAHASISWA BARU MENGIKUTI TES TULIS

KENDARI – Memasuki tahun akademik 2016/2017, STIE 66 Kendari melakukan penerimaan mahasiswa baru dan pada, Sabtu (18/6). Kampus yang dipimpin Dr Bakhtiar Abbas ini telah menyelenggarakan tes bagi calon mahasiswa baru yang telah mendaftar gelombang pertama.

“Untuk diketahui penerimaan siswa baru di STIE 66 ini ada dua gelombang, dimana pendaftaran gelombang pertama dilaksanakan pada 2 Mei hingga 15 Juni 2016. Sementara pendaftaran gelombang ke dua akan dimulai pada 20 Juni hingga 18 Agustus 2016 mendatang,” terang Ketua Panitia Penerimaan Mahasiswa Baru (Maba) STIE 66, Dr Abdul Razak SE.

Dijelaskan Razak, proses penerimaan maba di kampus ini cukup ketat dimana dilakukan dua macam tes, yakni tes potensi akademik dan tes pengetahuan umum. Proses ini dilakukan karena peminat STIE 66 terus meningkat setiap tahun, sekaligus ingin menghasilkan input yang berkualitas.

“Setelah mereka melakukan tes, panitia akan memeriksa hasilnya dan bagi mereka yang lulus akan diumumkan secara terbuka termasuk nilai yang diperoleh,” jelasnya.

Razak mengungkapkan, target mahasiswa baru tahun 2016 ini untuk Strata Satu (S1) berjumlah 500 orang sedangkan S2 pihaknya menargetkan 80 orang. Dari target tersebut, dirinya melihat terjadi peningkatan dari tahun sebelumnya, hal ini berdasarkan calon maba yang melakukan tes di gelombang pertama.

 

“Gelombang pertama itu kami targetkan sebanyak 250 peserta, sementara yang saat ini melakukan tes berjumlah 280 jadi sudah melebihi target,” paparnya.

Dia, melanjutkan, peserta yang lolos akan dilihat berdasarkan kecukupan nilai jadi di STIE 66 bukan melihat berapa yang akan diterima tapi berdasarkan kecukupan nilai yang diperoleh calon maba. Sedangkan untuk S2 baru ada 52 orang, dan pihaknya pun akan tetap membuka pendaftaran gelombang ke dua untuk S2.

Dosen Kopertis Wilayah IX Sulawesi ini juga menuturkan, program studi yang dibuka untuk S1 ialah program studi manajemen, dan akuntansi. Untuk S2 adalah Magister Manajemen. Kedepan pihaknya berharap seiring peningkatan jumlah maba yang diterima dari tahun ke tahun maka dari pengelola akan mengoptimalkan pelayanan kepada mahasiswa, utamanya dalam memberikan pendidikan yang berkualitas, sehingga bisa menghasilkan alumni yang mampu diserap tenaga kerja.

“Mewujudkan visi itu maka STIE 66 Kendari tidak hanya melibatkan para akademisi tapi juga para praktisi sebagai tenaga pengajar. Seperti kepala-kepala kantor perbankan,” tambahnya.

Wakil Ketua STIE 66 ini pun menuturkan, pihaknya terus memaksimalkan adanya beasiswa. Dimana kampus ini menyediakan dan memfasilitasi beasiswa bagi mahasiswa yang berprestasi dan kurang mampu. Diantaranya, beasiswa Bidikmisi dari Dirjen Dikti, Peningkatan Prestasi Akademik (PPA) dari Kopertis wilayah IX Sulawesi, Bantuan Biaya Pendidikan Peningkatan Prestasi Akademik (BNP-PPA), serta beasiswa dari pemerintah prov Sultra. (rs)

Add new comment

Plain text

  • No HTML tags allowed.
  • Lines and paragraphs break automatically.
  • Web page addresses and email addresses turn into links automatically.